Jumat, 28 April 2017

Bumil Wajib Baca! 7 Tips Kesehatan Ibu Hamil Agar Tetap Aman dan Sehat Selama Mengandung

bayi dan ibu yang sehat adalah harapan setiap perempuan yang sedang hamil. Namun terkadang masih ada saja para ibu atau calon ibu yang tidak tahu mengenai hal-hal penting yang harus dilakukan saat dalam keadaan mengandung. Perlu informasi lebih seputar tips atau cara sehat untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

Lakukan kontrol kandungan

Biasanya menjelang kehamilan atau kehamilan pada awal bulan terdapat tanda-tanda yang bisa dirasakan, jika anda telah mengetahui bahwa hamil, segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan atau bidan. Lakukan terus pemeriksaan secara rutin untuk memantau perkembangan dan kesehatan ibu hamil.

Konsumsi Makanan Sehat

Jika sebelum hamil, anda sering mengabaikan faktor kesehatan pada makanan, maka mulailah untuk mengubah kebiasaan tersebut. Saat hamil, ada baiknya anda tingkatkan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, susu, lauk pauk yang memenuhi semua zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dan juga perkembangan janin dalam kandungan. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji seperti junk food, minuman beralkohol dan bersoda agar kesehatan ibu hamil dan bayi tetap terjaga.

Olahraga Ringan

Hamil bukan berarti harus bermalas-malasan atau enggan melakukan apapun, jika kondisi badan memungkinkan, cobalah untuk melakukan olahraga ringan selama beberapa menit setiap hari. Lebih baik lagi jika anda mengikuti senam khusus ibu hamil. Dengan mengikuti senam atau melakukan olahraga ringan, akan membuat badan lebih segar, melancarkan peredaran darah dan pikiran lebih tenang. Sebelum melakukan olahraga atau senam, ada baiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan anda.
Baca Juga  Peningkatan Kesadaran Akan Bahaya AIDS Di Peringatan Hari AIDS Sedunia

Hindari Kebiasaan Buruk


Apabila anda seorang wanita perokok, maka ada baiknya anda menghentikan kebiasaan ini selama masa kehamilan. Banyaknya racun yang terkandung pada rokok akan berdampak buruk terhadap kesehatan ibu hamil  dan bayi dalam kandungan anda, berbagai penyakit mengintai setiap anda mengisap sebatang rokok. Nah… para mommy yang sayang dan ingin bayinya kelak sehat saat lahir, mulai saat ini harus menghentikan kebiasaan merokok.

Rajin Mencari Informasi

Terkadang masih ada saja hal-hal yang belum kita ketahui seputar kehamilan, bayi, cara mengasuh yang benar, dll. Jika anda baru pertama kali hamil, tentu akan bingung dengan hal-hal yang belum anda ketahui. Nah… untuk menghindari kebingunan, tak ada salahnya anda mencari berbagai informasi melalui media, bisa lewat internet, buku, atau sharing dengan orang lain yang lebih berpengalaman.

Lakukan Hal-Hal yang Positif

Selama kehamilan, isilah dengan kegiatan dan hal-hal baik yang bisa anda lakukan. Anda bisa mengerjakan apa yang anda senangi/hobi untuk mencegah datangnya stres, misalnya dengan membaca, mendengarkan musik, merawat tanaman, dll. Lakukan kegiatan yang dapat membuat anda merasa bahagia. Jangan lupa untuk menjaga kondisi kesehatan ibu hamil dengan melakukan istirahat yang cukup. Lengkapi kebutuhan tubuh selama hamil dengan mengkonsumsi multivitamin agar tetap Fit.

Pilih Dokter Terbaik

Memilih dokter kandungan yang baik tentu sangat penting, dokter berperan besar dalam memberikan saran dan perawatan mengenai kesehatan ibu hamil dan bayi hingga proses melahirkan tiba. Dokter yang baik, bukanlah dokter yang harus dekat dengan tempat tinggal atau yang biaya perawatannya murah, melainkan dokter yang mampu memberikan pelayanan serta saran yang baik terhadap masalah kandungan yang anda hadapi. Pastikan anda juga merasa nyaman dengan dokter yang anda pilih untuk memudahkan dalam pemeriksaan rutin kandungan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumil Wajib Baca! 7 Tips Kesehatan Ibu Hamil Agar Tetap Aman dan Sehat Selama Mengandung

0 komentar:

Posting Komentar